No image available for this title

Text

Politik Pemberitaan Koran Media Indonesia Terhadap Calon Presiden Menjelang Pemilu Presiden 2019



"ABSTRAK

Anissa Seftriani, Politik Pemberitaan Koran Media Indonesia Terhadap Calon Presiden Menjelang Pemilu Presiden 2019.

Pemberitaan Politik sebagai karya Jurnalistik memiliki perhatian dan susdut pandang sendiri yang sangat beragam dari berbagai media termasuk di sebuah harian nasional. Koran Media Indonesia juga ambil bagian dengan menuliskan kampanye resmi Pemilu 2019 lalu. Sebagai institusi bisnis media, Koran Media Indonesia juga tidak dapat mengelak untuk terlibat langsung dengan aktivitas politik lewat pemberitaan.

Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu, Bagaimana politik redaksional Koran Media Indonesia dalam mengagendakan berita Calon Presiden menjelang pemilu presiden 2019? Bagaimana karakteristik pesan Koran Media Indonesia dalam membangun hegemoni wacana menjelang pemilu presiden 2019 edisi 24 Maret 2019 sampai 14 April 2019?

Teori yang digunakan adalah Analisis Framing dari Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki Serta teori Werner Severin dan James W. Tankard mengenai Agenda Setting.

Pemilik media berusaha mendapatkan pengaruh lebih dalam proses pemenangan calon. Konstruksi berita lebih menguntungkan calon petahana dengan membangun citra negatif bagi pasangan lain. Sehingga pendekatan terhadap publik oleh Media Indonesia guna menaikkan elektabilitas calon lewat berita.

Keyword: Media Indonesia, Pemilu 2019, Kampanye, dan Pemilik Media."


Ketersediaan

J730R5827 ANI p JURNPerpustakaan Fak. Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Skripsi)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
--
No. Panggil
R5827 ANI p JURN
Penerbit Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Jakarta : Ciputat, Jakarta.,
Deskripsi Fisik
v, 146 hlm,; 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
--
Klasifikasi
5827
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya