No image available for this title

Text

Peran Perempuan Dalam Perekonomian Keluarga Di Desa Gandasari, Kecamatan Kadupandak-Cianjur



ABSTRAK
Lugita, N/11150541000002
Peran Perempuan dalam Perekonomian Keluarga di Desa Gandasari, Kecamatan Kadupandak-Cianjur, 2019.
Perkembangan peran perempuan dalam keluarga dipengaruhi beberapa faktor salah satunya tekanan ekonomi. Tekanan ekonomi dalam keluarga mendorong perempuan pedesaan terlibat dalam perekonomian keluarga untuk kesejahteraan keluarganya dengan melakukan berbagai pekerjaan dan memunculkan ketidak adilan bagi sebagian perempuan. Idealnya, dalam keluarga, perubahan peran apapun didasari dengan musyawarah dan pembagian peran yang adil.
Penelitian ini dilakukan selama 10 hari di Desa Gandasari, Kecamatan Kadupandak, Kabupaten Cianjur dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan penelitian feminisme. Pendekatan feminisme yang dilakukan peneliti adalah salah satu pendekatan dengan menganalisis peran perempuan dalam perannya di perekonomian keluarga dengan segala resiko dan dampak yang mereka dapatkan.
Sebagian perempuan di Desa Gandasari mengalami resiko seperti multi peran dalam rumah tangga, upah yang rendah, kekerasan seksual, kekerasan verbal dan non-verbal, serta terlilit hutang dan beberapa dampak yang mereka dapat dalam mengerjakan perannya. Perempuan dalam perekonomian keluarga di Desa Gandasari memberikan kontribusi lebih untuk mensejahterakan keluarga mereka karena memberikan dukungan keuangan kepada keluarga mereka. Meskipun begitu, sebagian dari mereka mempunyai ke-dilemaan dengan keadaannya (bekerja), karena mereka tidak dapat memenuhi konstruksi ideal di masyarakat atau pun dalam keluarganya.
Keywords: Peran perempuan, Ekonomi Keluarga, Kesejahteraan Keluarga, Ketidakadilan Gender


Ketersediaan

J724R5801 LUG p KESSOSPerpustakaan Fak. Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Skripsi)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
--
No. Panggil
R5801 LUG p KESSOS
Penerbit Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Jakarta : Ciputat, Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xiii, 119 hlm,; 26 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
--
Klasifikasi
5801
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya