No image available for this title

Text

Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Dengan Disabilitas Di Unit Pelayanan Disabilitas Kota Tangerang Selatan



ABSTRAK
Gita Abyanti Sanjaya (11150541000066)
Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak dengan Disabilitas di Unit Pelayanan Disabilitas Kota Tangerang Selatan.
Anak Penyandang Disabilitas adalah mereka yang seringkali tidak mendapatkan pelayanan kesehatan dan pendidikan. Untuk itu keterlibatan orang tua dibutuhkan terutama dalam hal pendidikan, karena orang tua lah yang paling memahami kondisi perkembangan dan kebutuhan anak mereka. Adapun dasar landasan yuridis mengenai keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak tercantum dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab IV Pasal 7 Ayat 1 yang berisi: “Orang tua berhak berperan serta dalam memilih satuan pendidikan dan memperoleh informasi tentang perkembangan anaknya”. Oleh karena itu, dibutuhkan keterlibatan aktif dari orang tua dalam menumbuhkembangkan partisipasi mereka pada proses belajar di rumah maupun di sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk keterlibatan orang tua dalam pendidikan dan bagaimana dampak keterlibatan orang tua bagi kemandirian anak dengan disabilitas di Unit Pelayanan Disabilitas Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan pendektan kualitatif jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh dari wawancara, observasi, dan studi dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dari enam bentuk keterlibatan orang tua dalam pendidikan, satu bentuk keterlibatan tergolong tingggi yaitu tipe sukarelawan, satu bentuk keterlibatan tergolong sedang yaitu tipe kerja sama dengan komunitas masyarakat, satu lainnya berada pada kategori rendah yaitu tipe komunikasi. Sementara tiga bentuk keterlibatan sisanya mengalami hasil yang beragam, di mana tidak ada hasil yang mendominasi yaitu pada tipe; 1) pendidikan orang tua; 2) pembelajaran di rumah; dan 3) membuat keputusan. Adapun dampak keterlibatan orang tua bagi kemandirian anak terbagi menjadi tiga area yaitu; (1) area bekerja, (2) area bina diri, dan (3) area komunikasi dan sosialisasi.
Kata Kunci : Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan, Anak Penyandang Disabilitas.


Ketersediaan

J7015709 GIT k KESSOSPerpustakaan Fak. Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Skripsi)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
--
No. Panggil
5709 GIT k KESSOS
Penerbit Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Jakarta : Ciputat, Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xiii, 183 hlm,; 26 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
--
Klasifikasi
5709
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya