Peran program “reading challenge” dalam Membudayakan literasi membaca
Syaqila Aulia Permata Putri - Personal Name
Nurul Hayati - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran dan
kemampuan dari program ”Reading Challenge” dalam
membudayakan literasi membaca. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi
kasus. Penentuan informan dalam penelitian ini diambil
berdasarkan purposive sampling yang menghasilkan 13
informan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa
program “Reading Challenge” memiliki peran-peran yang
dapat membudayakan literasi membaca anggotanya, yaitu:
sebagai motivator, fasilitator penghubung sosial antar
pecinta buku, promotor pembentuk kebiasaan membaca,
dan penyedia rekomendasi buku. Dilihat dari teori peran
yang diungkapkan oleh beberapa tokoh dapat ketahui bahwa
peran yang dilakukan oleh program ”Reading Challenge”
ini memiliki kecenderungan dengan teori peran yang
diungkapkan oleh Biddle, yang meliputi expectation dan
performance. Selain itu, juga memiliki kecenderungan
dengan teori peran menurut Ralp Linton mengenai peran
yang dijalankan oleh komunitas melalui hak dan kewajiban
sebagai komunitas baca. Selain itu, penelitian ini
menghasilkan kemampuan yang dimiliki program “Reading
Challenge” dalam membudayakan literasi membaca melalui
konsep yang menarik.
kemampuan dari program ”Reading Challenge” dalam
membudayakan literasi membaca. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi
kasus. Penentuan informan dalam penelitian ini diambil
berdasarkan purposive sampling yang menghasilkan 13
informan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa
program “Reading Challenge” memiliki peran-peran yang
dapat membudayakan literasi membaca anggotanya, yaitu:
sebagai motivator, fasilitator penghubung sosial antar
pecinta buku, promotor pembentuk kebiasaan membaca,
dan penyedia rekomendasi buku. Dilihat dari teori peran
yang diungkapkan oleh beberapa tokoh dapat ketahui bahwa
peran yang dilakukan oleh program ”Reading Challenge”
ini memiliki kecenderungan dengan teori peran yang
diungkapkan oleh Biddle, yang meliputi expectation dan
performance. Selain itu, juga memiliki kecenderungan
dengan teori peran menurut Ralp Linton mengenai peran
yang dijalankan oleh komunitas melalui hak dan kewajiban
sebagai komunitas baca. Selain itu, penelitian ini
menghasilkan kemampuan yang dimiliki program “Reading
Challenge” dalam membudayakan literasi membaca melalui
konsep yang menarik.
Ketersediaan
SP24013 | SKR IPI 24013 | Perpustakaan FAH (Skripsi IPI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR IPI
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR IPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Syaqila Aulia Permata Putri
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas