PERPUSTAKAAN Prof. Dr. Nurcholish Madjid

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Rihlah ibnu batutah : catatan perjalanan sang musafir abad pertengahan tahun 2023

Image of Rihlah ibnu batutah : catatan perjalanan sang musafir abad pertengahan tahun 2023
Abu Abdullah Muhammad bin Abdullah al-Lawati at-Tanji bin Batutah, atau yang kita kenal dengan Ibnu Batutah, memulai perjalanannya ketika berusia 20 tahun pada 1325. Alasan utamanya untuk bepergian adalah menunaikan ibadah haji, atau ziarah ke Mekkah, seperti yang ingin dilakukan oleh semua Muslim yang shaleh. Dari Tangier, Maroko, menuju Mekkah dan kembali lagi ke Maroko melalui rute yang berbeda, perjalanannya berlangsung selama 29 tahun. Menempuh jarak sekitar 120.000 km, ia mengunjungi setara dengan 44 negara modern yang sebagian besar berada di bawah pemerintahan Muslim atau "Dar al-Islam". Menjelang akhir hidup Ibnu Batutah, Sultan Maroko-setelah mendengar menariknya pengembaraan itu-bersikeras memohon supaya sang musafir mau mendiktekan kisah perjalanannya kepada sekretaris utama kesultanan. Dan berkat usaha tersebut, hari ini kita dapat membaca kisah perjalanan seorang musafir abad ke-14 mengelilingi dunia melalui sebuah buku.

Buku ini adalah karya klasik yang sangat berharga dan menarik yang menambah pemahaman kita tentang kondisi negeri-negeri Abad Pertengahan. Karya monumental ini menyajikan catatan deskriptif tentang masyarakat Muslim pada kuartal kedua abad ke-14. Dalam narasi sejarahnya, penulis menyebutkan begitu banyak orang yang ia temui, serta menceritakan bagaimana kondisi sosial, ekonomi dan budaya masyarakat Muslim di negeri-negeri yang ia singgahi.

"Dalam buku perjalanannya ini, Ibnu Batutah menceritakan para wali, orang-orang saleh, cendekiawan, penguasa Muslim, dan kehidupan umat Islam di negeri-negeri yang ia kunjungi."
-Amazon
"Sebuah kisah yang mengasyikkan tentang ziarah ke Mekkah tahun 1326, memberikan detail yang jelas tentang Maroko, Rusia, India, China, dan tempat-tempat lainnya."
-History in Review
"Ibnu Batutah, seorang musafir Arab Maroko abad ke-14, tidak hanya mengunjungi China dan Asia Timur tetapi juga India, Maladewa, Indonesia, Sahara, Mali dan Niger, serta Spanyol yang sedang diduduki Islam."
Ketersediaan
B24737928 IBN r c1Perpustakaan FAH (900)Tersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

928 IBN r

Penerbit

PT Pustaka Alvabet : Tangerang Selatan.,

Deskripsi Fisik

vi, 417 hlm, 23,1 x 15 cm

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

978-623-220-144-6

Klasifikasi

928

Informasi Detil
Tipe Isi

text

Tipe Media

unmediated

Tipe Pembawa

volume

Edisi

Cet.1

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Share :


Link Repository

Pustaka Digital Internasional

Berikut link E-Jurnal, E-Book , dan E-Lib Internasional. Silahkan klik tab disamping, klik logo nya untuk menuju website Pustaka Digital Internasional

Punya kritik , saran , pesan harapan ?