Pengaruh Komunikasi Electronic Word Of Mouth Instagram Terhadap Minat Kunjung Di Perpustakaan Jakarta Cikini
Resa Nuraini - Personal Name
Fadhilatul Hamdani - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengaruh
komunikasi electronic word of mouth instagram terhadap minat
kunjung di Perpustakaan Jakarta Cikini. Teori yang digunakan
dalam penelitian ini adalah Electronic Word of Mouth, dengan
menggunakan dimensi menurut Goyette yaitu dimensi intensity,
valence of opinion dan content. Sedangkan pada minat kunjung
menggunakan indikator menurut Ferdinand. Kedua variabel
tersebut disesuaikan berdasarkan konteks perpustakaan. Jenis
penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada
penelitian ini yaitu pemustaka yang terdaftar sebagai anggota di
Perpustakaan Jakarta Cikini berdomisili di DKI Jakarta. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah quota sampling.
Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dalam bentuk
google form yang diberikan kepada 100 responden.
Hasil penelitian menunjukkan uji koefisien determinan
sebesar 30,3%. Sedangkan sisanya yaitu 69,7% dipengaruhi oleh
faktor lain diluar model penelitian ini. Hasil uji korelasi
menunjukkan memiliki hubungan positif (searah) dengan tingkat
hubungan kuat karena nilai pearson correlation sebesar 0,551.
Hasil uji regresi sebesar Y =5,496 + 0,402 X. Pada penelitian ini
menunjukkan hasil uji hipotesis yaitu Ha diterima dan H0 ditolak
(thitung > ttabel sebesar 42,663 > 3,94). Berdasarkan hal tersebut
maka dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh komunikasi
electronic word of mouth instagram terhadap minat kunjung di
Perpustakaan Jakarta Cikini.
komunikasi electronic word of mouth instagram terhadap minat
kunjung di Perpustakaan Jakarta Cikini. Teori yang digunakan
dalam penelitian ini adalah Electronic Word of Mouth, dengan
menggunakan dimensi menurut Goyette yaitu dimensi intensity,
valence of opinion dan content. Sedangkan pada minat kunjung
menggunakan indikator menurut Ferdinand. Kedua variabel
tersebut disesuaikan berdasarkan konteks perpustakaan. Jenis
penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada
penelitian ini yaitu pemustaka yang terdaftar sebagai anggota di
Perpustakaan Jakarta Cikini berdomisili di DKI Jakarta. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah quota sampling.
Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dalam bentuk
google form yang diberikan kepada 100 responden.
Hasil penelitian menunjukkan uji koefisien determinan
sebesar 30,3%. Sedangkan sisanya yaitu 69,7% dipengaruhi oleh
faktor lain diluar model penelitian ini. Hasil uji korelasi
menunjukkan memiliki hubungan positif (searah) dengan tingkat
hubungan kuat karena nilai pearson correlation sebesar 0,551.
Hasil uji regresi sebesar Y =5,496 + 0,402 X. Pada penelitian ini
menunjukkan hasil uji hipotesis yaitu Ha diterima dan H0 ditolak
(thitung > ttabel sebesar 42,663 > 3,94). Berdasarkan hal tersebut
maka dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh komunikasi
electronic word of mouth instagram terhadap minat kunjung di
Perpustakaan Jakarta Cikini.
Ketersediaan
SP24001 | SKR IPI 24001 | Perpustakaan FAH (Skripsi IPI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR IPI 24001
Penerbit
Fakulas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hiayatullah Jakarta : Jakarta., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR IPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Resa Nuraini
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas