Pengaruh kemampuan literasi digital dan ketersediaan aplikasi keynotes pages app terhadap penggunaan media pembelajaran ipad pada siswa smpi al azhar 3 bintaro
Muhammad Ichsan Alawi - Personal Name
Ade Abdul Hak - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan
literasi digital dan ketersediaan aplikasi keynotes-pages app
terhadap penggunaan media pembelajaran digital. Jenis penelitian
ini adalah penelitian asosiatif dan deskriptif dengan pendekatan
kuantitatif dan menggunakan metode eksplanatif. Sampel
penelitian ini sebanyak 78 responden yang ditentukan dengan
rumus Slovin dan teknik Proportionate Stratified Random
Sampling. Teknik analisis data yang digunakan antara lain uji
validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear
berganda. Analisis statistik dilakukan dengan menggunakan IBM
SPSS V21. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan literasi
digital siswa SMPI Al Azhar 3 Bintaro berpengaruh secara positif
dan signifikan terhadap penggunaan media pembelajaran Ipad
dengan nilai t hitung 4.114 > t tabel 1,668 dan signifikansi 0,000 <
0,05. Ketersediaan aplikasi keynotes-pages app di SMPI Al Azhar
3 Bintaro berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap
penggunaan media pembelajaran Ipad dengan nilai t hitung 2,380 > t
tabel 1,668 dan signifikansi 0,020 < 0,05. Hasil uji simultan
menunjukkan kemampuan literasi digital dan ketersediaan aplikasi
keynotes-pages app berpengaruh secara positif dan signifikan
terhadap penggunaan media pembelajaran Ipad dengan nilai f hitung
25,256 > f tabel 2,37 serta nilai koefisien determinasi sebesar 40,2%
yang masuk ke dalam kategori cukup kuat .Dengan hasil penelitian
ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan bagi pihak sekolah
dalam menentukan pertimbangan program penguatan literasi
digital.
literasi digital dan ketersediaan aplikasi keynotes-pages app
terhadap penggunaan media pembelajaran digital. Jenis penelitian
ini adalah penelitian asosiatif dan deskriptif dengan pendekatan
kuantitatif dan menggunakan metode eksplanatif. Sampel
penelitian ini sebanyak 78 responden yang ditentukan dengan
rumus Slovin dan teknik Proportionate Stratified Random
Sampling. Teknik analisis data yang digunakan antara lain uji
validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear
berganda. Analisis statistik dilakukan dengan menggunakan IBM
SPSS V21. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan literasi
digital siswa SMPI Al Azhar 3 Bintaro berpengaruh secara positif
dan signifikan terhadap penggunaan media pembelajaran Ipad
dengan nilai t hitung 4.114 > t tabel 1,668 dan signifikansi 0,000 <
0,05. Ketersediaan aplikasi keynotes-pages app di SMPI Al Azhar
3 Bintaro berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap
penggunaan media pembelajaran Ipad dengan nilai t hitung 2,380 > t
tabel 1,668 dan signifikansi 0,020 < 0,05. Hasil uji simultan
menunjukkan kemampuan literasi digital dan ketersediaan aplikasi
keynotes-pages app berpengaruh secara positif dan signifikan
terhadap penggunaan media pembelajaran Ipad dengan nilai f hitung
25,256 > f tabel 2,37 serta nilai koefisien determinasi sebesar 40,2%
yang masuk ke dalam kategori cukup kuat .Dengan hasil penelitian
ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan bagi pihak sekolah
dalam menentukan pertimbangan program penguatan literasi
digital.
Ketersediaan
SP23008 | SKR IPI 23008 | Perpustakaan FAH (Skripsi IPI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR IPI 23008
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2023
Deskripsi Fisik
xvii, 179 hlm ; 25 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR IPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
unspecified
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
literasi digital
Media Pembelajaran Digital
Ketersediaan aplikasi keynotes-pages app
Penggunaan Media Pembelajaran Digital
SMPI Al Azhar 3 Bintaro
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Muhammad Ichsan Alawi
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas