Penyusunan Kamus Saku Anak Bergambar Tiga Bahasa (Arab – Inggris – Indonesia)
Putri Khusnul Khotimah - Personal Name
Zamzam nurhuda - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penyusunan
kamus saku anak bergambar tiga bahasa (Arab – Inggris –
Indonesia), dan mengetahui kosa kata juga tema yang terkait
dengan pembuatan kamus saku anak bergambar tiga bahasa (Arab
– Inggris – Indonesia). Penelitian ini menggunakan metode
deskriptif kualitatif. Proses penelitian ini diawali dengan
mengumpulkan data yaitu setiap kosakata bahasa Arab melalui
buku-buku pelajaran berbahasa Arab yang menjadi sumber
rujukan pembelajaran kurikulum. Kosakata yang terkumpul
diklasifikasikan sesuai tema kemudian dipadankan dalam setiap
penganalisisan untuk mendapatkan makna mutakhir. Pada tahap
akhir, peneliti mendesain cara pembuatan kamus saku anak
bergambar tiga bahasa (Arab-Inggris-Indonesia). Adapun hasil
dalam penelitian ini: pertama, mendeskripsikan proses penyusunan
kamus saku anak bergambar tiga bahasa (Arab – Inggris –
Indonesia) yang terdiri atas; menentukan konsep kamus,
mengumpulkan kosa kata dan menyusun sesuai tema, membuat
cover kamus yang dilengkapi dengan gambar dan penentuan warna
latar, menginput kosakata. Kedua; mengetahui apa saja kosa kata
dan tema yang terkait dengan pembuatan kamus saku anak
bergambar tiga bahasa (Arab – Inggris – Indonesia) yang memiliki
17 tema dengan 220 kosa kata dan dipersingkat oleh peneliti untuk
dianalisis sebanyak 25 kosa kata yang dikelompokan menjadi 5
tema, bedasarkan proses pemadanannya menggunakan beberapa
sumber data seperti kamus al-Asri, kamus English-Arabic alMa’any Daring, kamus Arab-Indonesia al-Ma’any Daring, kamus
Oxford Dictionary English-Arabic.
kamus saku anak bergambar tiga bahasa (Arab – Inggris –
Indonesia), dan mengetahui kosa kata juga tema yang terkait
dengan pembuatan kamus saku anak bergambar tiga bahasa (Arab
– Inggris – Indonesia). Penelitian ini menggunakan metode
deskriptif kualitatif. Proses penelitian ini diawali dengan
mengumpulkan data yaitu setiap kosakata bahasa Arab melalui
buku-buku pelajaran berbahasa Arab yang menjadi sumber
rujukan pembelajaran kurikulum. Kosakata yang terkumpul
diklasifikasikan sesuai tema kemudian dipadankan dalam setiap
penganalisisan untuk mendapatkan makna mutakhir. Pada tahap
akhir, peneliti mendesain cara pembuatan kamus saku anak
bergambar tiga bahasa (Arab-Inggris-Indonesia). Adapun hasil
dalam penelitian ini: pertama, mendeskripsikan proses penyusunan
kamus saku anak bergambar tiga bahasa (Arab – Inggris –
Indonesia) yang terdiri atas; menentukan konsep kamus,
mengumpulkan kosa kata dan menyusun sesuai tema, membuat
cover kamus yang dilengkapi dengan gambar dan penentuan warna
latar, menginput kosakata. Kedua; mengetahui apa saja kosa kata
dan tema yang terkait dengan pembuatan kamus saku anak
bergambar tiga bahasa (Arab – Inggris – Indonesia) yang memiliki
17 tema dengan 220 kosa kata dan dipersingkat oleh peneliti untuk
dianalisis sebanyak 25 kosa kata yang dikelompokan menjadi 5
tema, bedasarkan proses pemadanannya menggunakan beberapa
sumber data seperti kamus al-Asri, kamus English-Arabic alMa’any Daring, kamus Arab-Indonesia al-Ma’any Daring, kamus
Oxford Dictionary English-Arabic.
Ketersediaan
ST22001 | SKR STT | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR STT 22001
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2022
Deskripsi Fisik
XVIII, 75 hlm.; 25 cm.
Bahasa
Arab
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR STT
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Putri Khusnul Khotimah
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas