Pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap siswa yang berprestasi di smp negri 19 jakarta selatan
Fidhiani Kusumazaini - Personal Name
Siti Maryam - Personal Name
Fidhiani Kusumazaini
Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah terhadap Siswa yang
Berprestasi di SMP Negeri 19 Jakarta Selatan
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan
koleksi, fasilitas dan layanan perpustakaan dan adakah pengaruhnya terhadap
siswa yang berprestasi di SMP Negeri 19 Jakarta Selatan. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif.
Pengambilan data dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner untuk para
siswa. Populasi penelitian adalah siswa kelas IX yang berjumlah 377 siswa, jadi
sampel diambil 15% jumlah siswa kelas IX yaitu sebanyak 56 responden. Teknik
pemilihan responden menggunakan metode purposive sampling yaitu pemilihan
sampel dengan pertimbangan tertentu. Responden dalam penelitian ini dipilih
siswa yang memiliki nilai rata-rata raport terbaik dari 377 siswa kelas IX di SMP
Negeri 19 Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa
(55,9%) sudah memanfaatkan kolesi, fasilitas, dan layanan di perpustakaan
sekolah dengan baik. Hasil uji regresi menyatakan bahwa hasil uji f diperoleh
0,004 dengan tingkat signifikansi 0,950. Karena tingkat signifikansi > 0,05, maka
variabel pemanfaatan perpustakaan sekolah tidak mempunyai pengaruh secara
bersama-sama terhadap variabel prestasi siswa. Dan dengan hasil uji t didapat
hasil signifikansi 0,950. Maka variabel pemanfaatan perpustakaan sekolah tidak
mempunyai pengaruh secara invidual terhadap variabel prestasi. Jadi dapat
disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh antara pemanfaatan perpustakaan sekolah
tehadap siswa yang berprestasi.
Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah terhadap Siswa yang
Berprestasi di SMP Negeri 19 Jakarta Selatan
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan
koleksi, fasilitas dan layanan perpustakaan dan adakah pengaruhnya terhadap
siswa yang berprestasi di SMP Negeri 19 Jakarta Selatan. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif.
Pengambilan data dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner untuk para
siswa. Populasi penelitian adalah siswa kelas IX yang berjumlah 377 siswa, jadi
sampel diambil 15% jumlah siswa kelas IX yaitu sebanyak 56 responden. Teknik
pemilihan responden menggunakan metode purposive sampling yaitu pemilihan
sampel dengan pertimbangan tertentu. Responden dalam penelitian ini dipilih
siswa yang memiliki nilai rata-rata raport terbaik dari 377 siswa kelas IX di SMP
Negeri 19 Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa
(55,9%) sudah memanfaatkan kolesi, fasilitas, dan layanan di perpustakaan
sekolah dengan baik. Hasil uji regresi menyatakan bahwa hasil uji f diperoleh
0,004 dengan tingkat signifikansi 0,950. Karena tingkat signifikansi > 0,05, maka
variabel pemanfaatan perpustakaan sekolah tidak mempunyai pengaruh secara
bersama-sama terhadap variabel prestasi siswa. Dan dengan hasil uji t didapat
hasil signifikansi 0,950. Maka variabel pemanfaatan perpustakaan sekolah tidak
mempunyai pengaruh secara invidual terhadap variabel prestasi. Jadi dapat
disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh antara pemanfaatan perpustakaan sekolah
tehadap siswa yang berprestasi.
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR IPI 2016
Penerbit
Fakutas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta : fakultas Adab dan Humaniora., 2016
Deskripsi Fisik
xi, 102 lembar
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR IPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Fidhiani Kusumazaini, Siti Maryam
Tidak tersedia versi lain