PERPUSTAKAAN Prof. Dr. Nurcholish Madjid

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

الأخطاء اللغوية في كتابة أسماء المساجد في منطقة سيفوتات الشرقية (دراسة تحليلية) / al-Akhtha'u al-Lughawiyyatu fi Kitabati Asmai' al-Masajidi fi Minthaqati Sifutata asy-Syarqiyyati (Dirasatan Tahliliyyatan)

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa persen jumlah kesalahan penulisan kalimat bahasa arab dalam papan nama masjid di Kecamatan Ciputat Timur, sekaligus jenis kesalahan apa saja yang banyak ditemukan. Peneliti menggunakan Metode Deskriptif Kualitatif yaitu data dianalisis bukan berupa angka-angka tetapi berupa kata-kata. Dari 55 nama masjid di Kecamatan Ciputat Timur yang ditulis menggunakan Bahasa Arab, terdapat 55 nama masjid salah. Kesalahan pada penulisan nama-nama masjid terbagi menjadi kesalahan penulisan dari segi Shorof (penulisan huruf hamzah 56,62 %, penulisan huruf ya’ 6,62 %) dan kesalahan penulisan dari segi Nahwu (penulisan harokat akhir 66,62 %). Adapun sebab-sebab kesalahan penulisan nama-nama masjid di Kecamatan Ciputat Timur adalah pengaruh bahasa pertama, kurangnya pemahaman dalam kaidah Nahwu dan Shorof dalam pembelajaran bahasa arab, ketidaktepatan pengrajin saat membuat papan nama masjid, adanya budaya mengikuti penulisan papan nama masjid yang sudah ada terlebih dahulu tanpa memperhatikan kaidah bahasa arab, dan tidak bisa membedakan antara penulisan huruf hamzah khata atau washl.
Ketersediaan
SA20006SKR BSAPerpustakaan FAH (Skripsi BSA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

SKR BSA 20006

Penerbit

Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : .,

Deskripsi Fisik

70 hlm

Bahasa

Arab

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

SKR BSA

Informasi Detil
Tipe Isi

text

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas

Share :


Link Repository

Pustaka Digital Internasional

Berikut link E-Jurnal, E-Book , dan E-Lib Internasional. Silahkan klik tab disamping, klik logo nya untuk menuju website Pustaka Digital Internasional

Punya kritik , saran , pesan harapan ?