Kepuasan Pemustaka Terhadap Implementasi Pelayanan Prima (Excellent Service) Di Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Administrasi Jakarta Barat
Farhan bukhori - Personal Name
Nurul Hayati - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kantor Perpustakaan dan
Arsip Kota Administrasi (KPAK) Jakarta Barat dalam mengimplementasikan
pelayanan prima dan kepuasan pemustaka terhadap pelayanan prima yang
diberikan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan
gabungan (kualitatif dan kuantitatif), di mana teknik pengumpulan data yang
dilakukan yaitu wawancara dan kuesioner. Dalam penelitian ini peneliti
menggunakan beberapa indikator atau aspek yang harus dimiliki dan dipenuhi
oleh KPAK Jakarta Barat dalam memberikan pelayanan prima. Indikator ini
adalah kehandalan (reliability), komunikasi (communicaton), respon
(responsiveness), memahami pemustaka (understanding your customer), akses
(accessibility) dan petugas perpustakaan atau pustakawan (staffing). Hasil
penelitian yang diperoleh yaitu cara KPAK Jakarta Barat dalam
mengimplementasikan pelayanan prima sudah baik seperti pada indikator
kehandalan adalah mengunakan teknologi dalam peminjaman dan pengembalian.
Pada indikator komunikasi dengan menjalin komunikasi yang baik antara
pustakawan dengan pemustaka. Pada indikator memahami pemustaka dengan
membuat kotak saran. Pada indikator pustakawan sebagian tenaga KPAK
merupakan lulusan dan diklat kepustakawanan. Akan tetapi masih terdapat
kekurangan pada indikator respon dan akses, yakni KPAK tidak merespon
perubahan kebutuhan informasi pemustaka dari sebelumnya tercetak menjadi
digital dan sarana yang rusak seperrti toilet, AC dan komputer. Berdasarkan
tingkat kepuasan pemustaka terkait pelayanan prima yang diberikan KPAK
Jakarta Barat sudah baik. Akan tetapi terdapat beberapa hal yang membuat
kepuasan pemustaka menurun, di antaranya adalah pemahaman pustakawan
terhadap koleksi , fasilitas atau sarana prasarana yang terdapat di KPAK Jakarta
Barat kurang memadai serta minimnya koleksi yang terdapat di KPAK Jakarta
Barat yang tidak sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pemustak
Arsip Kota Administrasi (KPAK) Jakarta Barat dalam mengimplementasikan
pelayanan prima dan kepuasan pemustaka terhadap pelayanan prima yang
diberikan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan
gabungan (kualitatif dan kuantitatif), di mana teknik pengumpulan data yang
dilakukan yaitu wawancara dan kuesioner. Dalam penelitian ini peneliti
menggunakan beberapa indikator atau aspek yang harus dimiliki dan dipenuhi
oleh KPAK Jakarta Barat dalam memberikan pelayanan prima. Indikator ini
adalah kehandalan (reliability), komunikasi (communicaton), respon
(responsiveness), memahami pemustaka (understanding your customer), akses
(accessibility) dan petugas perpustakaan atau pustakawan (staffing). Hasil
penelitian yang diperoleh yaitu cara KPAK Jakarta Barat dalam
mengimplementasikan pelayanan prima sudah baik seperti pada indikator
kehandalan adalah mengunakan teknologi dalam peminjaman dan pengembalian.
Pada indikator komunikasi dengan menjalin komunikasi yang baik antara
pustakawan dengan pemustaka. Pada indikator memahami pemustaka dengan
membuat kotak saran. Pada indikator pustakawan sebagian tenaga KPAK
merupakan lulusan dan diklat kepustakawanan. Akan tetapi masih terdapat
kekurangan pada indikator respon dan akses, yakni KPAK tidak merespon
perubahan kebutuhan informasi pemustaka dari sebelumnya tercetak menjadi
digital dan sarana yang rusak seperrti toilet, AC dan komputer. Berdasarkan
tingkat kepuasan pemustaka terkait pelayanan prima yang diberikan KPAK
Jakarta Barat sudah baik. Akan tetapi terdapat beberapa hal yang membuat
kepuasan pemustaka menurun, di antaranya adalah pemahaman pustakawan
terhadap koleksi , fasilitas atau sarana prasarana yang terdapat di KPAK Jakarta
Barat kurang memadai serta minimnya koleksi yang terdapat di KPAK Jakarta
Barat yang tidak sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pemustak
Ketersediaan
SP1603 | SKR IPI 2016 03 | Perpustakaan FAH (Skripsi IPI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR IPI
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2016
Deskripsi Fisik
x,85 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR IPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Nurul Hayati
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas